RSS

Pengertian Exception

29 Des

Kesalahan atau error sering terjadi pada saat membuat program, ini yang membuat kesal para pemula programmer untuk itu menghindari dari kesalahan atau eror Java menyediakan fasilitas berupa mekanisme penanganan exception. Bisa di kata kan bahwa Exception adalah singkatan dari Exceptional Events atau dalam bahasa indonesianya kesalahan (error) yang terjadi pada saat pembuatan program dan saat runtime, mengakibatkan gangguan pada alur exekusi.

Kesalahan dalam program java terdapat beberapa tipe sebagai contoh kesalahan pembagian 0, mengakses elemen di luar jangkauan array dan input yang tidak benar. Exception merupakan sebuah subclasses baik secara langsung atau tidak langsung, sehingga exception di bagi 2 kategori class yaitu : Error Class dan Exception Class
Exception menunjukkan bahwa class tersebut dapat di terima oleh user program. Tetapi Exception class di gunakan untuk memperbaiki beberapa kesalahan pada kode program sebagai contoh Exception adalah pembagi oleh 0 dan error pada saat array melakukan tindakan di luar jangkauan. Error class menpunyai fungsi untuk menangani kesalahan atau error yang sering muncul pada saat program di jalankan. Tetapi kesalahan pada program merupakan di luar control user karena kemunculan di sebabkan oleh run-time environment. Sebagai contoh out of memory dan harddisk carsh.

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 29 Desember 2008 in Uncategorized

 

5 responses to “Pengertian Exception

  1. Armand

    6 Januari 2009 at 11:57

    Bener banget..
    Klo lg buat program trus ada errornya, serasa pngen udhan aj bwt programnya..
    Tapi klo kita bersabar n cermat mncari ksalahan yang ada, program pasti bisa di jalanin..
    Salam sukses teman!

     
  2. radensun

    28 Januari 2009 at 15:32

    Yups… bener… bukan hanya Java tapi semua program juga mestinya dibuat dan ada penanganan ketika terjadi error yang tidak diinginkan.
    Tapi sampe sekarang belum mudeng2 nich belajar java.😀

     
  3. ferst

    3 April 2010 at 17:15

    gw pake ya buat tugas pendahuluan di kampus gw ^^v

     
  4. Lila

    15 April 2010 at 15:16

    saya mau tau lebih jelas tentang try, catch dan finally dalam exception handling,,,seperti apa ya?

    Ty

     
  5. 44

    16 Juni 2010 at 09:34

    <– sm sekali g ngerti ttg coding…. puyeng @.@

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: