RSS

Keyword Finally Pada Exception

06 Jan

Pada kesempatan ini blog ini akan melanjutkan materi tentang keyword pada exception kemarin kita sudah membahas berhubung materinya banyak jadi saya ringkas dan pisah-pisah agar para pembaca tidak pusing dengan materi java yang saya berikan, terus terang saya juga dah bosen hehee….:-) tapi demi ilmu pegetahuan dan tujuan blog ini adalah seputar informasi online maka saya akan penuhi tujuan tersebut. Baik langsung saya ke materi , materi lanjutan dari keyword ini adalah keyword finally pada exception.

Keyword finally biasanya di gunakan saat keyword try dan crach karena keyword finally merupakan implementasian dari keyword-keyword sebelumnya yaitu keyword try dan crach. Berikut cara penuliasn pada keyword finally :

try {
<kode monitor exception>
} catch (<ExceptionType1> <ObjName>) {
<penanganan jika ExceptionType1 terjadi>
} …
} finally {
<kode yang akan dieksekusi saat blok try berakhir>
}

Sumber : JENI
Penulisan pada program ini bertujuan untuk mengatur penggunaan finally, keyword ini di gunakan seperti halnya pada blok catch. Penggunaan finally dimulai setelah kurung kurawal penutup blok catch terkait. Penulisan dalam blok tersebut juga mengalami indentasi. Blok finally mengandung kode penanganan setelah penggunaan try dan catch. Blok kode ini selalu tereksekusi walaupun sebuah exception terjadi atau tidak pada blok try. Blok kode tersebut juga akan menghasilkan nilai true meskipun return, continue ataupun break tereksekusi. Terdapat 4 kemungkinan skenario yang berbeda dalam blok try-catch-finally. Pertama, pemaksaan keluar program terjadi bila control program dipaksa untuk melewati blok try menggunakan return, continue ataupun break. Kedua, sebuah penyelesaian normal terjadi jika try-catch-finally tereksekusi secara normal tanpa terjadi error apapun. Ketiga, kode program memiliki spesifikasi tersendiri dalam blok catch terhadap exception yang terjadi. Yang terakhir, kebalikan skenario ketiga. Dalam hal ini, exception yang terjadi tidak terdefinisikan pada blok catch manapun. Contoh dari skenario – skenario tersebut terlihat pada kode keyword finally bisa teman lihat di Tutorial Praktek atau setelah materi ini

Gimana sudah mengerti belum??pasti pusing ye..??sama nih heheheeee…? tapi enjoy saja pahami sedikit-sedikit walupun gak gerti banget yang penting ada lah yang nyangkut dikit ckakaka….?. ok sampai di sini dulu materinya ya…sampai ketemu di materi selanjutnya. Jangan lupa kasih komentar pada artikel ini untuk koreksi sang penulis.

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 6 Januari 2009 in Uncategorized

 

3 responses to “Keyword Finally Pada Exception

  1. Roni

    6 Januari 2009 at 23:32

    Aduh lengkap bgt ngupas ilmunya.
    thanks neh

     
  2. fatih

    25 Januari 2009 at 11:19

    assalamu alaikum
    absen lagi tukeran link gimana bung??

     
  3. fatih

    25 Januari 2009 at 11:20

    blognya bagus jadi minta izin copi paste yaa…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: