RSS

Pemanfaatan Teknologi Informatika di Kampus Univ Gunadarma

24 Mei

Komputer bukan lagi merupakan barang mewah yang di miliki oleh orang yang berduit saja,  tetapi computer sudah bisa di rasakan oleh semua kalangan dari tingkat dasar (SD) sampai tingkat tinggi (Universitas), dan juga komputer dapat di gunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti pada bidang bisnis, social, budaya, keamanan dan pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di perkantoran saja  sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access.

Tetapi zaman terus berberkembang dan kita harus bisa mengikuti perkembangan zaman tersebut, komputer zaman sekarang tidak hanya di gunakan oleh perkantoran saja melainkan dunia pendidikan dapat memanfaatkan fasilitas komputer. Dengan terus berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.

Penggunaan, dan pemanfaatan teknologi informasi atau yang lebih di kenal dengan sebutan IT di perguruan tinggi  semakin marak saja.Lihat saja dengan adanya pengakuan sejumlah universitas yang menyebutkan bahwa perguruan tingginya sudah memanfaatkan IT melalui pengadaan ICT (Information Communication Technology), disertai sejumlah implementasinya dalam proses pendidikan reguler.

Menurut para pakar IT ICT merupakan suatu perangkat teknologi yang diciptakan untuk mengekaloborasikan manfaat aplikasi komputer, komunikasi, dan informasi, menjadi suatu sistem yang terintegrasi. ”Dalam dunia pendidikan, pemanfaatan ICT akan mampu mendorong pengembangan pengetahuan, dan pemahaman mahasiswa, maupun dosen, secara lebih baik, dan objektif. Bentuk aplikasi yang sudah di jalankan di kampus Gunadarma adalah proses pembelajaran E-Learning yaitu Bentuk implementasi yang paling nyata dari pemanfaatan ICT dalam universitas adalah adanya sistem pembelajaran E-Learning (electronic learning).

Dengan adanya implementasi ICT di dalam kampus, mahasiswa dapat terkoneksi dengan internet dimana pun, dan kapan pun dengan cara memanfaatkan fasilitas di dalam kamus seperti area hotspot atau internet lounge yang di sediakan oleh phak kampus sehingga mahasiswa harus mobile. Maksud dari pemanfaatan ICT, pada dasarnya, adalah perguruan tinggi memberikan akses yang memudahkan mahasiswa untuk terkoneksi dengan situs resmi, maupun situs-situs lainnya untuk menggali informasi yang memiliki nilai edukasi. Salah satu contoh universitas yang menggunakan fasilitas ICT adalah Univ Gunadarma.

 System E-Learning di kampus gunadarma sudah berjalan sejak lama , Menurut Aviarini, e-Learning yang merupakan pembelajaran secara online ini masih berupa suplemen dan bukan menggantikan pertemuan dosen di kelas. Di kampus Gunadarma sudah mengenal cara pembelajaran System E-Learning contoh  mata kuliah yang bersifat System E-Learning  adalah Agama, ISD, IBD dan Kewarganegaraan. Selain itu, belajar menggunakan System E-Learning kuis, Ujian Tengah semester dan Ujian Akhir Semester menggunakan system tersebut.  

Sepanjang tahun 2006 Univ Gunadarma sudah memiliki 22 Mata Kuliah VClass. VClass adalah Virtual Class, pengajaran mata kuliah secara online. Interaksi dosen dan mahasiswa dalam pengajaran dilakukan melalui media ini. Termasuk dalam pengerjaan tugas, absensi dan pemberian nilai, yang dilengkapi pula dengan berbagai model presentasi yang interaktif untuk setiap mata kuliah.

Ada juga produk Vlab dari PHK K1, Virtual Lab yaitu praktikum penunjang yang dilakukan mahasiswa secara online. Termasuk untuk mempelajari materi, melakukan percobaan praktikum, pengumpulan data, pembuatan laporan dan ujian. Percobaan praktikum didesain interaktif sebagai simulasi dari percobaan sesungguhnya. Akhirnya Aviarini berharap, sesegera mungkin bisa menyelesaikan tugas-tugas di lembaga tersebut sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh dosen dan mahasiswa yang membutuhkan.

Demikian informasi yang saya review, informasi ini saya terima dari beberapa sumber. Terimakasih atas waktunya untuk membaca jangan lupa komentarnya supaya ada feedback antara pembaca dan penulis.

 
Space Blog Commpettion
Alnect computer Blog Contest

 
17 Komentar

Ditulis oleh pada 24 Mei 2009 in Uncategorized

 

17 responses to “Pemanfaatan Teknologi Informatika di Kampus Univ Gunadarma

  1. dian

    24 Mei 2009 at 21:04

    anak gundar ya??wah emang bagus tuh kampus selalu menyediakan t4 buat hostpot ria denger-denger sih kampus gundar masuk 5 besar Webometrics di indonesia wau….suatu perstasi yang besar. good posting mas

     
  2. cici octavi

    24 Mei 2009 at 22:18

    tulisan mu bagus,,, terarah,, and gampang di mengerti…
    cayooo slmt berkarya

     
  3. Santoso

    24 Mei 2009 at 22:54

    Benar sekali apa yg di postingkan oleh mas arif. Teknologi informasi dewasa ini sangat pentin dan membantu di berbagai bidang oleh karna itu setiap institut wajib menyediakan pendukung sarana TIK,agar SDM dapat terpenuhi.

     
  4. Gilank

    24 Mei 2009 at 23:50

    wow.. bisa bersaing nih sama Binus hekeke.. jangan ada slek di antar kita🙂

     
  5. maraoks

    25 Mei 2009 at 09:29

    bagus buanget

     
  6. nila'mu

    25 Mei 2009 at 16:08

    mhsswa gundar yang kreatif pisan euuy…. Real good!!

     
  7. pyou

    27 Mei 2009 at 09:41

    salam kenal dari semarang … aku anak TI unisbank

    kunjungan balik ya …

     
  8. gie..

    1 Juni 2009 at 10:15

    waaah….bner tuh rif..
    kita sbgai anak gundar hrus memanfaatkan fasilitas yg ada

     
  9. creativebrain

    8 Juni 2009 at 17:09

    selamat ya.. dah menang kompetisi blog…
    traktirnya dong hahaha..

     
  10. handika

    11 Juni 2009 at 14:21

    penerapan teknologi informasi harus sudah di lakukan sejak dini agar kedepannya bisa menguasai.

     
  11. kuncuro

    11 Juni 2009 at 14:37

    zaman selelalu berubah kita harus bisa mengikutinya seperti teknologi informasi

     
  12. bayu

    15 Juni 2009 at 11:47

    pembelajaran e-learning sangat membantu dan menambah siswa atau mahasiswa dalam hal teknologi informasi. e-learning harus sudah di terapkan sejak dini

     
  13. weni

    22 Juni 2009 at 15:53

    sekolah yang maju adalah sekolah yang sudah menerapkan sistem e-learning heheeeee…

     
  14. kusuma

    24 Juni 2009 at 14:04

    teknologi informasi sangat di butuhkan saat ini dan kita harus bisa mengikutinya.

     
  15. ben

    29 Juni 2009 at 00:03

    rif bgi2 donk ilmuny?????

     
  16. Ladu

    24 Oktober 2009 at 19:58

    Saya juga setuju bahwa e-Learning memang lebih mempermudah proses belajar mengajar, tapi di lingkungan saya kebanyakan dalam memberikan soal ujian itu hanya berupa multiple choise saja (mungkin untuk mempermudah proses penghitungan jawaban yang benar dan salah sehingga nilai dapat diberikan langsung setelah melalui proses penghitungan tersebut)sehingga menurut saya cara itu kurang optimal. Seharusnya cara menjawab online juga diberikan soal essay dan ada fasilitas menggambar bila jawaban harus disertai dengan gambar yang harus dikerjakan oleh si penjawab dalam hal ini mahasiswa.
    Mungkin itu dulu boss tanggapan dari saya mudah-mudahan bermanfaat
    Salam sukses….

     
  17. uya

    20 Februari 2011 at 09:51

    Mantap mas artikelnya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: