RSS

Model User Dalam Desain

04 Jun

 

GOMS (Goals, Operators, Methods, and Selection)

Model GOMS yang diperkenalkan oleh Card, Moran dan Newell merupakan singkatan dari Goals, Operators, Methods, and Selection. Deskripsi model GOMS terdiri dari empat elemen, yaitu :

 Goal, adalah tujuan yang ingin dicapai oleh user

 Operator, merupakan level terendah analisis terdiri atas tindakan dasar yang harus dilakukan user dalam menggunakan sistem.

 Methods.  Seperti yang telah dijelaskan bahwa ada beberapa cara untuk membagi tujuan kedalam beberapa sub-tujuan. Dekomposisi tujuan tersebut disebut sebagai methods.

 Selection, merupakan pilihan terhadap metode yang ada. GOMS tidak membiarkan pilihan menjadi random, namun lebih dapat diprediksikan. Namun secara umum, hal tersebut bergantung pada user, kondisi sistem dan detail tujuan

Apakah Dialog Itu?

Dialog adalah percak apan antara dua atau lebih pihak. Dialog juga mengimplikasikan kerjasama atau sedikitnya keinginan untuk menyeles aikan konflik. Pada perancangan user interface, dialog memiliki arti yang lebih spesifik yaitu struktur percakapan antara user dan sistem komputer. Bahasa komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan :

Leksikal, merupakan tingkat yang paling rendah : bentuk icon pada layar,

tombol yang ditekan. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata.

Sintaksis, yaitu urutan dan struktur dari input dan output. Pada bahasa

manusia, ekuivalen dengan grammar / tata bahasa suatu kalimat.

Semantik, yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada

struktur data internal komputer dan / atau dunia eksternal. Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari para partisipan dalam percakapan

Berbeda dengan dialog antar manusia pada umum nya, dialog dengan

komputer biasanya terstruktur dan terbatas. Beberapa karakteristik yang dapat ditemui pada sebuah dialog dengan komputer diantaranya adalah :

 Partisipan harus menyebutkan dialognya dalam urutan tertentu. 

 Beberapa dialog diantaranya telah ditetapkan sebelumnya. 

Beberapa bagian tertentu dari dialog dilakukan secara bersamaan

(concurrently). 

 Umumnya dialog berikutnya tergantung pada respons dari partisipan

 Dialog dengan komputer mungkin saja tidak mengakomodasi semua kejadian yang mungkin

 Deskripsi dialog biasanya tidak langsung menuju pada arti kata-katanya / semantik tapi pada level sintaksis

Perancangan Dialog

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan dialog, yaitu :

Rangkaian Dialog menggambarkan struktur tugas. 

 Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support, mis.

help system, tutorial sub-sytem. 

 Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas 

Space Blog Commpettion
Alnect computer Blog Contest

 

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Juni 2009 in Uncategorized

 

One response to “Model User Dalam Desain

  1. Taufan

    4 Juni 2009 at 19:18

    Selamat ats kemenangan’a di top blog of the week.
    saya jg gak nyangka bakal menang..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: