RSS

Memanage Waktu Shalat

04 Des

Shalat merupakan kewajiban yang dijalankan oleh kaum muslim di dunia apabila teman yang meninggalkan shalat dengan sengaja hukumnya adalah kafir, ini berarti ia telah melakukan kekufuran yang besar menurut pendapat yang paling benar di antara dua pendapat ulama, yang demikian ini jika orang tersebut mengakui kewajiban tersebut. Jika ia tidak mengakui kewajiban tersebut, maka ia kafir menurut seluruh ahlul ilmi.

Perintah shalat memperingatkan kita untuk berhenti sejenak dari aktivitas sehari-hari, maka dari itu Allah SWT memerintahkan umatnya untuk menjalankan shalat 5 waktu : Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib dan Isya. Waktu shalat juga telah di atur oleh Allah SWT agar umatnya dapat menjalankan dengan tulus dan tidak mengganggu aktifitas sehari-hari.

Adzan Subuh di kumandangkan dini hari ya…sekitar ± pukul 04.00 waktu ini mengigatkan kita bahwasannya istirahat yang baik untuk manusia adalah 6 jam dan biasanya bangun subuh dapat menyegarkan otak dan memudahkan otak dalam menghafal maka dari itu setelah shalat subuh sebaiknya membaca atau menghafal ayat-ayat Qur’an.

Aktivitas manusia entah pergi sekolah, pergi ke kampus, berkerja di kantor dan berdagang di mulai pukul 07.00 atau 08.00, detik demi detikk berlalu jam demi jam telah berlalu Adzan Dzuhur pun berkumandang tepat ± pukul 12.00 ini memperingatkan manusia bahwasannya manusia harus beristirahat sejenak setelah berkerja ± 4 jam dan selalu ingat kepada Allah SWT akan kewajibannya sebagai muslim, menurut pengalaman saya setelah shalat dzuhur mata, otak dan lain-lain terlihat segar kembali dan siap untuk beraktivitas.

Setelah Shalat Dzuhur manusia akan melanjutkan aktivitas seperti semula di mulai ± pukul 13.00 biasanya jam ± 14.00 mata terlihat lelah bisa di katakan ngantuk maka dari itu Allah SWT mengatur waktu shalat dzuhur dan Ashar berdekatan agar manusia dapat ingat akan kewajibannya dan ingat akan pekerjaannya. Menurut para ulama shalat ahasr sangatlah penting dan celaka orang yang meninggalkan shalat ashar berikut riwayat dari para ulama :

Diriwayatkan dari al-‘Ala bin ‘Abdirrahman, bahwa ia menemui Anas bin Malik r.a. di rumahnya di Bashrah, selepas mengerjakan shalat Zhuhur. Rumah beliau terletak di samping masjid. Ketika kami menemuinya ia bertanya, “Sudahkah kalian mengerjakan shalat ‘Ashar?” “Kami kemari selepas shalat Zhuhur!” jawab kami. Beliau berkata, “Lekas kerjakan shalat ‘Ashar!” Maka kami pun mengerjakan shalat ‘Ashar. Selesai kami shalat, beliau berkata, “Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Itulah shalat orang munafik. la duduk menunggu matahari, hingga apabila matahari berada di antara dua tanduk syaitan, maka ia pun segera bangkit mengerjakan shalat patuk burung (terburu-buru) empat raka’at. la tidak berdzikir mengingat Allah kecuali sedikit saja’,” (HR Muslim [622]).

Diriwayatkan dari Abul Malih, ia berkata, “Suatu ketika kami bersama Buraidah dalam satu peperangan pada hari mendung. Beliau berkata, ‘Segerakanlah shalat ‘Ashar, karena aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Barangsiapa meninggalkan shalat ‘Ashar, sungguh telah terhapuslah amalannya’,” (HR Bukhari [355]).

Diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Umar r.a., bahwa Rasulullali saw. bersabda, “Barangsiapa terluput mengerjakan shalat ‘Ashar, maka seolah ia telah kehilangan keluarga dan hartanya.” (HR Bukhari [522] dan Muslim [626]).

Shalat Ashar pun telah selesai dikerjakan dan aktivitas pun telah selesai pukul 17.00 yang dari sekolah, kampus dan kantor segera kembali ke rumahnya masing-masing dan membersihkan diri setelah seharian beraktifitas. Setelah bersih-bersih Adzan Magrib berkumandang maka segeralah shalat karena shalat magrib ini waktu nya sangat sempit. Agar aktifitas dalam sehari penuh dengan hikmah dan berkah setelah shalat magrib biasakan tadarus Al-qur’an agar mata, otak dan hati tenang dan tentram sampai berkumandang Shalat Isya. Nah Shalat Isya waktunya sangat panjang tetapi alangkah baiknya mengerjakan shalat tidak di tunda-tunda Adzan langsung segera shalat agar tidak lupa.

Begitulah aktivitas dan manajemen waktu shalat dalam kehidupan manusia apabila teman bisa manajemen waktu shalat dengan baik berkah dan hikmah dalam kehidupan sehari-hari akan terwujud. Demikian nasehat dari blog saya ini terima kasih.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 4 Desember 2009 in Uncategorized

 

2 responses to “Memanage Waktu Shalat

  1. suci

    4 Desember 2009 at 21:38

    asssalamualaikum,,selamat malam (sya nulisnya malem2)

    sebelumnya sya ingin mengucapkan selamat ya buat kamu yg udah jd juara lomba blog (SALuut bgt aquw)

    btw sya akan anak ekonomi,,n jujur saya baru kenal ttg bLog sekitar hampir 2 bulan (sejak pertengahan oktober),namun sya sangat tertarik utk ikut lomba blog demi mencari pengalaman dan mengasah terus keterampilan softskill saya. Utk itu,sya mw minta masukan,,spt apa c blog yg bagus shg memenuhi kriteria Lomba bLog gunadarma ini? terima kasih banyak ya ats sarannya..

     
  2. Bambang Wahyudi

    4 Desember 2009 at 22:05

    Konten blog sudah bagus, tapi, biar lebih bagus lagi, saya beri saran (untuk EYD). 1. Kata “di” disambung dengan kata berikutnya, bila ia menjadi kata kerja, selain itu dipisah. Contoh: “dijalankan” bukan “di jalankan.” 2. Kata yang menggunakan suku kata “vitas”, maka huruf “f” dihapus. Contoh “Aktivitas”, bukan “aktifitas.” Itu dulu deh, mudah-mudahan Saudara mendapat pahala atas isi blog Saudara yang bermanfaat.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: