RSS

Friendster for sale

11 Des

 

Setelah melihat berita pada malam hari dan memastikan berita tersebut di internet ternyata benar bahwa friendster di jual ke pasar asia tepatnya layanan jejaring sosial Friendster resmi dijual ke sebuah perusahaan Malaysia, MOL Global Pte Ltd. MOU Global yang merupakan bagian dari MOL AccessPortal Berhad perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia solusi pembayaran online terbesar di Malaysia.

Pemilik saham terbesar MOL adalah Tan Sri Vincent Tan, chariman dan CEO Berjaya Corporation Berhad, konglomerasi Negeri Jiran tersebut yang punya pendapatan tahunan 1,8 miliar dollar AS. Dalam akuisisi ini, MOL akan mengambil alih 100 persen kepemilikan Friendster. MOL akan mengintegrasikan layanan jejaring sosial online tersebut dengan jaringan ritel oline-nya untuk menggarap pasar komunitas pengguna khususnya di Asia. Menurut Ganesh Kumar Bangah (presiden dan CEO MOL ) : “Kami sedang membangun sebuah perusahaan yang unik yang akan memposisikan diri untuk menyediakan konten yang beragam, dengan basis pengguna regional, di sini di Asia Tenggara,”


Jika di bandingkan dengan Facebook sedang mengalami popularitas tertinggi, lain halnya dengan situs jejaring social Friendster, yang juga sempat populer di Asia, terutama di Indonesia. Friendster, situs jejaring social tertua,  Menurut dokumen eksklusif Juli 2009 dari TechCrunch, sepertinya Morgan Stanley akan menjual Friendster di area Asia, dengan mempertimbangkan basis popularitas Friendster sebanyak 75 persen account yang teregistrasi berada di regional Asia Pasific.
Dalam dokumen tersebut, muncul fakta bahwa banyak pembeli yang tertarik dengan Friendster, karena Friendster mengklaim bahwa lebih dari 100 juta user secara global telah teregistrasi dan situs tersebut memegang kendali jejaring social di area Asia Pacific, termasuk di negara Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Filipina (SIMP).

Fakta tersebut juga menyebutkan bahwa Friendster memiliki 100,000 user baru dan 500 juta halaman view per harinya, membuatnya menjadi 20 website global terbaik berdasarkan trafik user. Selain itu, juga disebutkan bahwa Friendster memiliki 105 headcount pegawai yang tersebar di jaringan global seperti di negara Australia, United States, Filipina, dan Singapore.

Menurut dokumen yang sama, disebutkan bahwa Friendster memiliki nilai $210 juta, sedangkan Facebook memilki value sekitar $10 miliar. Selain itu, menurut ComScore, Friendster di bulan Mei 2009 lalu, mengalami penurunan 45 persen jumlah pengunjung unik hingga mencapai 21 juta (dengan mengambil perbedaan antara user aktif an hanya teregistrasi), daripada tahun lalu di bulan yang sama.

Dengan statistic yang sedemikian rupa buruknya, tidak heran jika Friendster dan investornya kemudian ‘mengeluarkan’ investasinya dari Friendster. Untung saja ada perusahaan Malaysia yang mau meinvestasikan modalnya di friendster kalau tidak friendster hanya kenangan kita tunggu saja bagaimna kelanjutannya apakah friendster akan bisa bersaing kembali dengan jaringan social lainnya.

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Desember 2009 in Uncategorized

 

2 responses to “Friendster for sale

  1. recyclebin

    14 Desember 2009 at 06:51

    jadi kasihan gw ngeliat friendster.. udah jarang yang buka..hahaha

     
  2. chord gitar

    6 Februari 2010 at 16:55

    wah thx infonya…
    iya kasian juga fs…..
    salam kenal mas

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: