RSS

Membangun dan Menyelamatkan Perekonomian Dengan Perekonomian Syariah

07 Jan

Syukur Alhamdulilah di akhir penutupan tahun 2009 tulisan saya dapat masuk 3 besar dalam lomba artikel di blog komunitas ekonomi syariah, untuk itu saya mau mereview kembali di blog saya berikut artikelnya

Membangun perekonomian adalah syarat mutlak bagi suatu negara, dengan adanya ekonomi negara bisa berjalan sesuai dengan baik dan dapat mencapai cita-cita yang di inginkannya, ekonomi suatu negara sangatlah berbeda-beda mengapa? Karena setiap negara mempunyai sifat masyarakat yang berbeda dalam hal memange roda perekonomian. Apabila negara bisa mengatur kestabilan ekonomi dan dapat memenuhi kebutuhannya maka negara itu akan berkuasa dalam segi perekonomian.

Pada suatu negara memiliki roda perekonomian yang berbeda dengan negara lain contohnya Negara Amerika Serikat dengan ekonomi liberal yaitu liberalisme ada kaitannya dengan kebebasan individu yang bersifat luas, Negara Cina menggunakan ekonomi komunis yang bersifat sentralistik dan totalitarian sedangkan Indonesia menggunakan ekonomi pancasila atau yang lebih dikenal ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu perekonomian negara tergantung dengan corak dari rakyatnya.

Tahun 2009 dunia mengalami krisis ekonomi global yang berdampak pada penurunan jumlah pendapatan suatu negara. Salah satu sistem yang bisa menjadi alternatif untuk mengatasi krisis ekonomi ini adalah sistem perekonomian berbasis syariah mengapa? Karena Perkonomian syariah yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah ekonomi berdasarkan nilai-nilai islam.

Awal tahun 2010 Perekonomian syariah akan lebih di butuhkan oleh semua negara sebenarnya perekonomian syariah tidak di terapkan pada negara-negara muslim atau penduduk muslim saja, namun bagaimana konsep tersebut juga bisa menjangkau masyarakat non muslim. Pada tahun 2009 pertumbuhan perekonomian syariah sekitar US$ 900 miliar dan pada tahun 2010 akan berkembang pesat mencapai angka US$ 2 triliun.

Kembali ke tanah air perlu di ingat sistem ekonomi di negara kita menganut sistem ekonomi demokrasi atau ekonomi kerakyatan yang mempunyai arti yaitu dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Apakah benar ekonomi yang berjalan di Indonesia di manfaatkan oleh rakyat secara keseluruhan? Bisa YA bisa juga TIDAK, Untuk membangun perekonomian yang benar-benar mencakup semua kalangan tidaklah mudah. Dalam membangun suatu perekonomian sama halnya kita membangun dan memange keuangan dalam kehidupan sehari-hari bagimana agar mendapat pendapatan dan pengeluaran yang tidak begitu besar.

Perekonomian Syariah memberikan keadilan kepada rakyat tidak memandang si kaya dan si miskin,si pintar dan si bodoh, si rajin dan si malas, perekonomian syariah juga melarang orang kaya untuk menumpukan harta yang berlimpah sehingga tidak ada rasa kecemburuan di antara masyarakat. Ciri dari perekonomian syariah adalah kesatuan rakyat, keseimbangan ekonomi, kebebasan dan tanggung jawab.

Di dalam perkonomian syariah pembagian hasil haruslah adil tidak boleh ada yang di kurangi atau di lebihkan, tetapi perekonomin syariah ini haruslah di pahami lebih dalam agar masyaratkat yang sama-sama bekerja mendapatkan hasil yang adil dan memuaskan. Contoh Perusahaan akan memberikan hasil atau gaji sesuai dengan pekerjaannya kalau buruh A menghasilkan banyak pekerjaan diberi gaji atau upah banyak, kalau buruh B menghasilkan sedikit pekerjaan diberi duapan dan gaji sedikit. Peraturan perusahaan ini harus di terapkan ke semua karyawan yang bekerja entah Direktur, Manager, Karyawan dan lain-lain sehingga tidak ada yang dizolimi, tidak ada pemungutan riba. Dengan demikian Perusahaan harus memberikan harga yang konsekuen sesuai dengan hasil laba yang dimiliki.

Sudah saatnya negara indonesia menerapkan secara luas perekonomian syariah agar rakyat dapat merasakan hasil dari pertumbuhan perekonomian itu sendiri dan menhindari krisis ekonomi kembali, tetapi tidaklah mudah menerapkan langsung perekonomian syariah dalam waktu singkat karena perekonomian indonesia yaitu ekonomi demokrasi yang sudah melekat di roda perekonomian rakyat jadi penerapannya harus step by step.

Demikian posting saya mengenai “Membangun dan Menyelamatkan Perekonomian Dengan Perekonomian Syariah ” semoga apa yang di tulis dalam posting saya in dapat bermanfaat untuk bersama. apabila ada kesalahan mohon di bukakan pintu maaf sebesar-besarnya. terima kasih

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Januari 2010 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: