RSS

Mengenal Java dan Script (JavaScript) Lebih Dekat

11 Jan

Artikel ini sudah saya posting di wartawarga gunadarma tapatnya di sini, tetapi tidak salah kan saya review kembali di blog pribadi arifust ini, bedanya sih di blog ini ada videonya (ngambil dari youtobe)

JavaScript siapa sih yang tidak mengenal pemograman ini? Setiap kita online di dunia maya pasti kita sering menjumpai website atau blog yang menggunakan javascript ya..bisa di contohkan seperti facebook, wordpress, blogger, situs berita dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Tetapi apakah teman tahu sejarah, pengertian dan perbedaan java script dengan bahasa java, mari kita simak penjelasan dari saya ini.

Pada tahun 1995 JavaScript pertama kali diperkenalkan oleh Netscape, pada perkenalannya bahasa ini lebih dikenal dengan bahsa LiveScript. Selang berapa tahun tepatnya pada tahun 4 Desember 1995 Netscape malakukan kerjasama dengan Sun (Pendiri Bahasa Java) sejak saat itulah Netscape memberi  nama JavaScript. Nah itu sejarah singkatnya sekarang pengertian dari JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemograman yang khusus digunakan untuk halaman web  agar menjadi lebih atraktif dan hidup. Kalimat JavaScript terdapat dua suku kata yaitu Java dan Script, java merupakan bahasa pemograman yang berorientasikan objek atau lebih dikenal OOP sedangkan Script adalah suatu instruksi program. Begitulah pengertian dari JavaScript menurut versi saya, sekarang kita bahas perbedaan dari JavaScript dengan Java.

Jelas terlihat perbedaan JavaScript dengan Java, Java merupakan bahasa yang didesain  untuk mengeksekusi cepat dan keamanan penulisan sedangkan JavaScript memiliki kemampuan yang tinggi meskipun hanya dituliskan dalam beberapa baris perintah saja lihat perbedaan di bawah ini.

  • JavaScript            :  Diterjemahkan oleh client, Bekerja pada objek, Kode mempergunakan objek-objek built-in, Ikatan dianamis, Referensi objek di cek pada alur waktu.
  • Java                       :  Kompilasi di server sebelum di eksekusi di client, Applets di pisah kan dari HTML, Tipe variable harus di deklarasikan, Ikatan statis, Referensi objek harus ada oada waktu yang di kompilasi.

Sebelum membuat JavaScript taman harus memperhatikan tetang penulisannya karena JavaScript sangat “case sensitive” yang artinya JavaScript membedakan anatara huruf besar dan kecil jadi teman harus teliti benar. Kelebihan pada JavaScript  adalah Cepat, Mudah, Terbuka dan Ukurannya sangat kecil. Sedangkan kekurangannya adalah Tidak dapat membuat aplikasi secara sendiri, Objek sangat terbatas dan JavaScript dapat di copy dari web sehingga kita tidak bisa melindungi hak cipta yang telah kita buat.

Demikian artikel Mengenal Java dan Script (JavaScript) Lebih Dekat semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman. Terima kasih.

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 11 Januari 2010 in Uncategorized

 

2 responses to “Mengenal Java dan Script (JavaScript) Lebih Dekat

  1. jimi

    20 Januari 2010 at 12:30

    sip informasinya

     
  2. heri

    24 Februari 2010 at 10:31

    makasih banyak,,,
    info’y sngt membantu,,

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: