RSS

Sinopsis Film I’Robot

19 Feb

Film I, Robot merupakan film fiksi ilmiah yang di produksi pada tahun 2004. Film menceritakan tetang kehidupan pada tahun 2035 dimana pada saat itu manusia di seluruh dunia sangat bergantung kepada robot NS 5 yang dimana robot tersebut bertugas menjadi asisten rumah tangga. Kata “I” mempunyai arti Intelligent, Ideal dan Incredible. Film ini menceritakan Robot produk NS 5 yang didalamnya dibekali oleh segala kecanggihan robot yang sudah bisa mendampingi manusia melewati segala tugas hari-hari. Selain itu para robot ini diikat oleh hukum yang melindungi manusia dan membatasi ruang gerak para robot disisi hukum.

Film ini dirilis untuk pertama kali di Negara Amerika Serikat pada tanggal 16 Juli 2004 dan pada 22 Juli 2004 di Australia dan di Inggris Raya pada 6 Agustus 2004 dan di negara lain antara Juli 2004 sampai Oktober 2004. Film ini menghabiskan anggaran sebesar US $ 120 juta. Tetapi Film memperoleh keuntungan sangat signifikan US $ 144.801.023 di Amerika Serikat dan US $ 202.433.893 di luar Amerika Serikat. Secara keseluruhan, film ini memperoleh keuntungan sebesar US $ 347.234.916 di seluruh dunia.

Film I, Robot merupakan film yang diangkat dari koleksi cerita pendek Isaac Asimov dan kemudian diangkat kelayar lebar dibawahan arahan sutradara Alex Proyas yang membidani film “Dark City” dan “The Crow”. Tokoh utama dalam film I, Robot ini yaitu Will Smith yang berperan sebagai detektif Del Spooner dan para pemain lainnya seperti Bridget Moynahan, Bruce Greenwood, James Cromwell, Chi McBride, Alan Tudyk, dan Shia LaBeouf ikut ambil bagian dalam film ini.

Film ini bermula tahun 2035 yang dimana tahun tersebut banyak sekali robot yang sudah berkembang dengan pesat dan melakukan pekerjaan seperti manusia detektif Del Spooner ini menjadi satu-satunya orang yang mengendus ketidakberesan para robot, NS 5, yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia ditahun 2035.

Setelah Dr. Miles Hogenmiller yang bekerja pada perusahaan U.S Robotics yang dikelola oleh Lance Robertson terbunuh, Spooner mencurigai pelakunya adalah robot NS 5. Namun jalan panjang untuk membuktikannya harus ditempuh dan sayangnya, sedikit yang bercaya dengan apa yang diyakini Spooner. Ia hanya mendapat dukungan Dr Susan Calvin, yang merupakan spesialis psikologi robot.

Yang dikuatirkan dari Spooner adalah para robot punya peluang untuk melakukan tindakan kriminal dan tidak bisa dijerat hukum, dunia terancam akan dikuasai oleh para robot ini, tenyata dugaan Spooner benar terjadi robot NS-5s menjadi pemberontak dan mencoba untuk menguasai perusahaan yang memproduksinya.Spooner menyimpulkan bahwa satu-satunya yang tersisa yang bisa bertanggung jawab adalah Viki yang tidak hanya mengendalikan semua NS-5s tetapi juga mengontrol sebagian infrastruktur Chicago.

Usaha Spooner untuk mengendalikan dan menumpas semua robot pemberontak yaitu dengan menguasai Komputer yang mengendalikan NS-5s. Untuk memimpin pengambilalihan robot global, membenarkan tindakannya dengan menghitung bahwa sedikit manusia akan mati karena pemberontakan daripada jumlah yang mati dari diri manusia bersifat merusak. Viki Lanning menemukan rencana dan Sonny memerintahkan untuk membunuhnya sebagai bagian dari rencana jangka panjang untuk mengalahkan komputer.

Sonny membuktikan kesetiaan kepada umat manusia dengan membantu Spooner dan Calvin melarikan diri Viki’s robot penjaga. Mereka berhasil menghancurkan inti komputer; dibebaskan dari Viki’s kontrol, NS-5s kembali normal dan infrastruktur Chicago diaktifkan kembali. Pemerintah telah semua NS-5’s dinonaktifkan dan disimpan di Danau Michigan situs, tapi film menyiratkan bahwa Sonny mungkin belum menjadi pemimpin robot.

Film ini bisa kita ambil kesimpulan bahwasannya pada tahun 2035 karena kemajuan teknologi umat manusia sudah sangat bergantung dengan robot, pada saat itu robot sudah di bekali kecerdasan buatan dan evolusi. Maka dari itu robot tersebut merasa dirinya sangat kuat dan cerdas sehingga tidak lama kemudian robot NS-5s membrontak dan membuat kekacauan dimana-mana. Untung saja robot NS-5s masih di kendalikan oleh system Komputer sehingga pemograman yang ada di robot dapat di kendalikan pada Komputer pusat.

Saran dan Kritik dari penulis janganlah bergantung kepada teknologi yang sudah berkembang pesat karena apabila kita selalu bergantung maka manusia juga yang akan menanggung akibatnya, buat apa kita manusia mempunyai tangan dan kaki, kalau kita selalu bergantung kepada robot lambat laun organ tubuh kita akan hilang contohnya kita jarang menggunakan tangan dan kaki maka 100 tahun yang akan datang generasi kita akan mempunyai tangan yang berbeda.

 
14 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Februari 2010 in Uncategorized

 

14 responses to “Sinopsis Film I’Robot

  1. atmasetya

    21 Februari 2010 at 22:01

    widih… gw jga hrus bikin neh.. IMK gw kan C…

     
  2. atmasetya

    21 Februari 2010 at 22:01

    widih… gw jga hrus bikin neh.. IMK gw kan C…

     
  3. arif

    21 Februari 2010 at 22:23

    @ budi: kalo w mah jelas ngulang bud nilai w kan gak ada sedih bgt…

     
  4. arif

    21 Februari 2010 at 22:23

    @ budi: kalo w mah jelas ngulang bud nilai w kan gak ada sedih bgt…

     
  5. sinyo

    22 Februari 2010 at 07:49

    Untungnya besar jg y nich film.
    bisa jd manusia dan robot saling perang.
    kalau pembuatnya bertipe karakter jahat.

    contoh aja, manusia aja ada yg baik dan jahat, gmn dgn robot yg di buat manusia berlainan karakter.

     
  6. sinyo

    22 Februari 2010 at 07:49

    Untungnya besar jg y nich film.
    bisa jd manusia dan robot saling perang.
    kalau pembuatnya bertipe karakter jahat.

    contoh aja, manusia aja ada yg baik dan jahat, gmn dgn robot yg di buat manusia berlainan karakter.

     
  7. idam

    3 Maret 2010 at 18:16

    gw kok kyk na susah bget ya bwat kesimpulan ne film..
    dr kmren2 lom kelar juga..
    Huff..

     
  8. idam

    3 Maret 2010 at 18:16

    gw kok kyk na susah bget ya bwat kesimpulan ne film..
    dr kmren2 lom kelar juga..
    Huff..

     
  9. atmasetya

    9 Maret 2010 at 20:45

    lu mah cepetna nyimpulin tube8 Dam.. pasti cepet dah..
    wkwkwkw…

     
  10. atmasetya

    9 Maret 2010 at 20:45

    lu mah cepetna nyimpulin tube8 Dam.. pasti cepet dah..
    wkwkwkw…

     
  11. lukman

    14 Maret 2010 at 10:11

    wah alamat blog idam apaan y..

     
  12. lukman

    14 Maret 2010 at 10:11

    wah alamat blog idam apaan y..

     
  13. wati

    12 Juni 2010 at 13:09

    aku belum lihat tuh film, hehehe…
    mantap ya kelihatannya filmnya..

     
  14. wati

    12 Juni 2010 at 13:09

    aku belum lihat tuh film, hehehe…
    mantap ya kelihatannya filmnya..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: