RSS

Pengertian dan Parallel Interfacing

27 Feb

 

Pada malam ini saya mencoba untuk berbagi ilmu tetang interfacing, perlu diketahui interfacing adalah bagian dari disiplin ilmu komputer yang mempelajari teknik-teknik menghubungkan komputer dengan peralatan elektronika lainnya. bisa dikatakan interfacing berupa alat yang menghubungkan mikroprosesor dengan alat yang akan kita uji.

Ruang lingkup Interfacing bukanlah disiplin ilmu yang berdiri sendiri tetapi berkaitan erat dengan disiplin ilmu komputer lainnya. Pemahaman yang mendalam dari disiplin lainnya yang berkaitan dengan bahasan interfacing ini akan sangat membantu untuk memahami materimateri yang disajikan selanjutnya. Disiplin ilmu komputer ini adalah Elektronika Analog dan Digital, Mikroprosesor, Organisasi dan Arsitektur Komputer, Komunikasi Data serta pendukung Bahasa Pemrograman, baik berbasis Teks seperti Bahasa Rakitan/Assembly, C, Basic, Pascal maupun berbasis Grafis seperti Visual Basic, Visual C, Delphi bahkanberbasis Web seperti Java.

Nah sekarang dah tahukan definisi dan ruang lingkup dari Interfacing itu sendiri sekarang kita masuk pembahasan yang lain yaitu Parallel Interfacing.


Parallel Interfacingdidasari oleh interfacing peripheral input/output LSI/VLSI ke mikroprosesr. Komponen-komponen ini antara lain Intel PPI8255, Zilog Z80PIO, motorola MC6821, dan berbagai macam PIO yang sudah didesai khusus untuk kebutuhan tertentu. Aplikasi-aplikasinya antara lain input paralel, sensor berbasis biner, ADC, DAC, keyboard paralel, paralel centronics printer, display sevensegment, stepper motor dan sebagainya.

Interfacing ke stepper motor bekerja berdasarkan formasi gerakan bit secara paralel. Interfacing ke DAC, DAC ini bekerja berdasarkan bit-bit secara paralel dan berlaku sebagai piranti output sistem kontrol. Pada dasarnya DAC berfungsi sebagai interfacing besaran digital (konfigurasi biner) kebesaran analog (tegangan dan arus). Interfacing ke ADC, kebalikan dengan DAC, ADC berfungsi sebagai piranti input sistem, yang bertugas mengkonversi besaran analog (tegangan dan arus) ke besaran digital(konfigurasi biner).

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 27 Februari 2010 in Uncategorized

 

2 responses to “Pengertian dan Parallel Interfacing

  1. atmasetya

    1 Maret 2010 at 18:37

    jiahh.. tugas ini mah.. tp gk papa..!

    keep post sob

     
  2. bobo

    29 Oktober 2010 at 18:34

    top mar kotp horas boy…makasih infonya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: