RSS

Paragraf Induktif dan Deduktif

03 Mar

 

Dipagi hari ini saya akan mengulas mata kuliah bahasa Indonesia tentang Paragraf Induktif dan Deduktif, baik langsung saja kepembahasannya.

Didalam penulisan Bahasa Indonesia pasti kita mengenal Paragraf, Apa sih Paragraf itu?? Paragraf   adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan didalamnya terdapat gagasan utama. Paragraf pada bahasa Indonesia terbai menjadi 2 bagian yaitu

  • Paragraf Deduktif
  • Paragraf Induktif

Kedua Paragraf tersebut adalah salah satu contoh paragraf yang dilihat dari letak gagasan utamanya. Setelah mengulas pengertian dari Paragraf saya akan mengulas satu persatu.

  1. Paragraf Induktif
    Paragraf Induktif adalah Paragraf yang kalimat utamanya terletak diakhir kalimat dan kalimat penjelasnya terletak di awal paragraf. Paragraf ini diawali dengan urutan pernyataan khusus dan disusul dengan pernyataan umum.


Contoh:
Jangan pernah belajar “dadakan”. Artinya belajar sehari sebelum ujian. Belajarlah muai dari sekarang. Belajar akan efektif kalau belajar kumpulan soal. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menjawab soal-soal di buku kumpulan soal. Mencocokannya, lalu menilainya. Barulah materi yang tidak dikuasai dicari di buku. Itulah beberapa tips belajar menjelang Ujian Akhir Nasional

  1. Paragraf Deduktif
    Paragraf deduktif adalah Paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan dilengkapi dengan kalimat penjelas sebagai pelengkapnya. Paragraf ini diawali dengan pernyataan umum dan disusul dengan penjelasan umum.

    Contoh:
    Setiap orang dilahirkan dan di besarkan di dalam lingkungan keluarga. Tak seorangpun yang tidak mengalami kehidupan di dalam keluarga. Pemeliharaan dan pembinaan seseorang anak adalah perwujudan cinta kasih kepada orang tua. Secara alamiah orang tua mempunyai rasa cinta kepada anak. Bagaimanapun keadaannya orang tua tetap akan memelihara dengan penuh kasih sayang terhadap anaknya.

Nah begitulah ulasan saya tetang Paragraf Induktif dan Deduktif, semoga penjelasan saya tadi bisa bermanfaat dan menambah ilmu bagi teman, ok sampai disini dulu ya.

 

 
6 Komentar

Ditulis oleh pada 3 Maret 2010 in Uncategorized

 

6 responses to “Paragraf Induktif dan Deduktif

  1. Opick

    8 Maret 2010 at 20:34

    bahan buat tugas nih, bagus!

     
  2. Opick

    8 Maret 2010 at 20:34

    bahan buat tugas nih, bagus!

     
  3. lukman

    14 Maret 2010 at 10:02

    mantap kawan.. ^^

     
  4. lukman

    14 Maret 2010 at 10:02

    mantap kawan.. ^^

     
  5. ecii

    28 September 2010 at 15:41

    lumayan buat tugas bahasa indonesia..
    thanks

     
  6. ecii

    28 September 2010 at 15:41

    lumayan buat tugas bahasa indonesia..
    thanks

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: