RSS

Dialog Pada IMK

10 Mar

 

Dialog dalam arti umum adalah percakapan antara dua kelompok atau lebih. Sedangkan dialog dalam konteks perencanaan user interface adalah struktur dari percakapan antara user dan sistem komputer.

 Bahasa Komputer dapat dibagi atas tiga tingkatan:

 1. Leksikal

– Merupakan tingkatan yang paling rendah.

– Yaitu bentuk icon pada layar.

– Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan bunyi dan ejaan suatu kata.

2. Sintaksis

– Yaitu urutan dan struktur dari input dan output.

– Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan grammar suatu kalimat.

3. Semantik

– Yaitu arti dari percakapan yang berkaitan dengan pengaruhnya pada struktur data internal komputer dan/atau dunia eksternal.

– Pada bahasa manusia, ekuivalen dengan arti yang berasal dari partisipan dalam percakapan. Dalam user interface, istilah dialog hampir mirip dengan tingkat sintaksis, tetapi juga meliputi sifat-sifat leksikal.

Dialog Manusia – Komputer:

Berbeda  dengan  dialog  antar  manusia  pada  umumnya,  dialog dengan komputer biasanya terstruktur dan terbatas. Beberapa  ciri-ciri  dari  dialog  terstruktur  yang  nantinya ditemukan dalam dialog komputer:

– Menyebutkan beberapa hal tertentu secara berurutan.

– Beberapa bagian dari dialog dilakukan secara bersamaan.

– Dialog berikutnya tergantung pada respon dari partisipan.

– Dialog terstruktur biasanya tidak langsung menuju pada arti kata-katanya / semantik tapi pada level sintaksis.

Proses Perancangan Dialog

Advice:

1. Rangkaian dialog menggambarkan struktur tugas.

2. Beberapa rangkaian dialog tambahan digunakan untuk user support,

misalnya: help system, tutorial sub-sistem.

3. Rangkaian dialog diurutkan sesuai dengan struktur tugas.

Prinsip yang digunakan dalam desain dialog adalah membagi sistem menjadi beberapa bagian yang disebut module. Biasanya user access bukan merupakan bagian dari task desription, tapi harus dimasukan dalam sistem yang baru. Empat hal utama dalam desain yang harus diperhatikan dalam GUI

metaphor:

– Pemilihan dan representasi dari conceptual metaphor.

– Representasi dari obyek interaktif dalam metaphor.

– Perancangan manipulasi untuk mengimplementasikan user action.

– Desain micro-metaphor untuk control action dan representasi dari  commands.

Dalam mendesain dialog, diperlukan deskripsi yang terpisah dari program secara keseluruhan.  Mengapa perlu digunakan notasi deskripsi dialog yang terpisah?

– Agar mudah di analisa.

– Pemisahan elemen-elemen interface dari logika program (semantik).

– Apabila notasi dialog ditulis sebelum program dibuat, maka notasi tersebut bisa membantu desainer untuk menganalisa struktur yang diajukan.

Notasi Diagramatik

– Notasi Diagramatik paling sering digunakan dalam desain dialog.

– Kelebihan: memungkinkan desainer untuk melihat secara sekilas struktur dialog.

– Kekurangan: sulit untuk menjelaskan struktur dialog yang lebih luas dan kompleks.

Contoh Notasi Diagramatik:

– State Transition Networks (STN)

– Hierarchical STN

– Harel’s State Charts

– Traditional Flow Diagrams (Flow Charts)

– JSD Diagrams

JENIS-JENIS DIALOG

1. Command Language

Merupakan paradigma user interface yang pertama kali.  Contoh: MS-DOS shell, UNIX shell, dBase.

  Keuntungan:

– Lebih cepat.

– Dapat melakukan kegiatan meskipun di luar batas.

– Perulangan

– Implementasi yang mudah dan hemat.

  Tujuan:

– Konsistensi.

– Penamaan dan pemberian singkatan yang baik.

– Melakukan tugas perancangan dapat membantu meminimalkan kekurangan.

2. WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)

Berfokus pada Menus, Buttons, Forms, Icons.

3. Direct Manipulation

Definisi:

– Kesinambungan tampilan dari objek-objek dan aksi-aksi yang   dilakukan.

– Cepat, dapat dikembalikan, peningkatan aksi dimana efeknya  dapat segera terlihat.

– Penggantian dari sintaks command language dengan manipulasi   langsung pada objek.

Keuntungan:

– Mudah dipelajari dan diingat, khususnya untuk pemula.

– WYSIWYG

– Fleksibel

– Menyediakan konteks dan tampilan yang cepat dari feedback, sehingga user dapat mengetahui apakah tujuan telah tercapai.

– Membatasai beberapa jenis kesalahan yang dapat terjadi.

Kekurangan:

– Penggunaan seluruh ruang pada layar.

– Harus mempelajari arti dari komponen-komponen yang tampak   pada layar.

– Tampilan visual mungkin dapat disalah artikan.

– Penggunaan mouse dapat lebih lambat daripada pengetikan.

– Tidak ada penjelasan otomatis.

– Tidak bagus pada: pengulangan, penyimpanan history, tugas  tertentu (seperti merubah semua huruf cetak  miring menjadi  cetak tebal), variabel.

4. PDA dan Pen

– Menjadi lebih umum dan penggunaan yang lebih luas.

– Tampilan yang lebih kecil (160×160 atau 320×240).

– Tombol-tombol yang lebih sedikit, interaksi melalui “pen” (atau  stylus).  wireless, warna, memory yang lebih besar, CPU 

– Peningkatan dan OS yang lebih baik.

– Palmtop vs Handheld.     

Speech dan Natural Language

 Speech (Suara)  Adalah getaran pada suara menimbulkan bunyi “ahh”.   Mulut, tenggorokan, bibir membentuk bunyi.

Input speech:

– Pengenalan speaker.

– Pengenalan suara.

– Pemahaman bahasa natural

Natural Language:

– Memberi arti  pada kata-kata.

– Input dapat berupa suara atau dari keyboard.

Keuntungan:

– Mudah dipelajari dan diingat.

– Lebih kuat.

– Cepat, efisien (tidak selalu).

– Layar yang kecil.

Kekurangan:

– Belum dapat bekerja dengan baik.

– Mengasumsikan pengetahuan dari permasalahan.

– Membutuhkan keahlian pengetikan. Peningkatan tidak terlihat.

– Implementasi membutuhkan biaya yang mahal.

 DIDI

 

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 10 Maret 2010 in Uncategorized

 

One response to “Dialog Pada IMK

  1. wati

    12 Juni 2010 at 13:03

    interaksi manusia dengan komputer ya?
    penjabaran yang menarik..
    thx,

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: