RSS

Multitasking dan Multithreading

04 Apr

a. Multitasking

Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama. Dalam kasus sebuah komputer dengan prosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat bekerja dalam satu waktu, berarti bahwa CPU tersebut secara aktif mengolah instruksi untuk satu pekerjaan tersebut.

Multitasking memecahkan masalah ini dengan menjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan. Kondisi mengalokasikan CPU dari pekerjaan satu ke pekerjaan yang lain disebut context switch.

b. Multithreading

Multithreading adalah cara pengeksekusian yang mengizinkan beberapa alur terjadi dalam satu proses. Multithreading  atau yang lebih dikenal Thread pada suatu istilah komputer dapat diartikan sebagai sebuah proses untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu. Suatu program yang kita buat walaupun sangat sederhana, misalnya program “hello world” memiliki thread. Prosessor akan mengeksekusi suatu program berdasarkan thread yang diberikan oleh program tersebut.

Disamping program yang dibuat, program bawaan dari sistem operasi juga memiliki thread. Ketika program dijalankan dan program lain pada saat bersamaan juga dijalankan, maka prosessor harus menjalankan thread itu semua secara sekuensial. Setelah program selesai dijalankan, thread dari program lainnya menunggu dalam antrian untuk dieksekusi. Tentunya banyak algoritma untuk menentukan thread milik program siapa dulu dan juga waktu pemrosesan untuk tiap thread. Jadi prosessor akan istirahat (idle) jika tidak ada permintaan untuk melayani thread

 

sumber : kelompok 1 mata kuliah Sistem Waktu Nyata

download materi selegkapnya

 

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 4 April 2010 in Uncategorized

 

2 responses to “Multitasking dan Multithreading

  1. Nayarre Pata Blog

    10 April 2010 at 13:52

    apakah “Multithreading” juga menggunakan prosesor tunggal..? Tx..

     
  2. Nayarre Pata Blog

    10 April 2010 at 13:52

    apakah “Multithreading” juga menggunakan prosesor tunggal..? Tx..

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: