RSS

PARKING SENSOR BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89S51

01 Jun

Pada dasarnya suatu tempat ( wadah / ruang ) mempunyai suatu keterbatasan jumlah (dalam hal ini isi / kapasitas ). Misalnya sebuah gelas, apabila diisi dengan air melebihi kapasitasnya maka air yang ada akan me luap keluar, contoh lain yaitu sebuah bendungan apabila terisi air melebihi kapasiatas bendungan tersebut, maka air juga akan meluap keluar. Apa yang terjadi apabila di dalam suatu tempat parkir dipenuhi oleh kendaraan yang melebihi kapasitas tempat parkir tersebut, yang terjadi adalah tempat parkir tersebut menjadi penuh dan tidak nyaman.

Dari pengalaman yang sering terjadi seperti diatas maka kendaraan yang masuk kedalam tempat parkir tersebut perlu dibatasi. Contohnya apabila didalam ruangan tersebut memiliki kapasitas maksimum 50 kendaraan, maka perlu dibatasi antar 45 – 50 kendaraan agar kenyamanan di dalam tempat parkir tersebut tetap terjga. Uang menjadi permasalahn berikutnya adalah bagaimana caranya membatasi jumlah kendaraan yang telah berada di dalam tempat parkir ataupun yang telah meninggalkan tempat parkir tersebut.

Oleh sebab itu dalam hal ini diperlukan sebuah alat penghitung yang dapat secara otomatis menghitung jumalah kendaraan yang masuk maupun meninggalkan tempat parkir tersebut yang akan mempermudah mengetahui jumlah kendaraan yang telah berada di dalam tempat parkir apakah sudah penuh atau tidak.

Dalam kesepakatan penysunan PI ini penulis berinisiatif untuk membuat alat tersebut dengan menggunakan photo transistor sebagai sensor dan se buah mikrokontroler AT89S51-40 pin / 2-Kbyte ( tempat penyimpanan program ) yang akan menghitung (mencacah ) jumlah kendaraan yang masuk maupun meninggalkan tempat parkir tersebut. Dan alat ini tersebut diberi nama “Sensor Pengitung Masuk Dan Keluar Kendaraan Pada Tempat Parkir Berbasiskan Mikrokontroler AT89S51″

Mau Download file semuanya tinggalkan komentar anda dan alamat email anda, saya akan memberika file tersebut via email.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 1 Juni 2011 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: